Pengertian Efektivitas Pembelajaran

Efektivitas dapat dinyatakan sebagai tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan dan sasarannya. Sutikno (2005) mengemukakan bahwa pembel¬ajaran efektif merupakan suatu pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk dapat belajar dengan mudah, menye¬nang¬kan, dan dapat mencapai tujuan pem¬belajaran sesuai dengan yang di¬ha¬rapkan. Dengan demikian, pem¬bel¬ajaran dikatakan efektif apabila tujuan dari pembelajaran tersebut ter¬capai.

Tujuan dalam pembelajaran matematika mencakup tujuan kognitif dan afektif. Tujuan kognitif berupa kemampuan siswa dalam menguasai konsep matematika yang dapat dilihat dari nilai hasil tes yang diberikan, se¬dang¬¬kan aspek afektif dilihat dari sikap dan aktivitas siswa saat pembelajaran berlangsung.

Lebih lanjut, Hamalik (2001: 171) menyatakan bahwa pembelajaran yang efek¬tif adalah pembelajaran yang menyediakan kesempatan belajar sendiri atau melakukan aktivitas seluas-luasnya kepada siswa untuk belajar. Penye¬diaan ke¬sempatan belajar sendiri dan beraktivitas seluas-luasnya di¬harapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep yang sedang di-pelajari.

Veithzal (1999) mengemukakan bahwa ”Efektivitas tidak hanya dilihat da¬ri sisi produktivitas, tetapi juga dilihat dari sisi persepsi seseorang”. Demi¬ki¬an juga dalam pembelajaran, efektivitas bukan semata-mata dilihat dari ting¬kat keberhasilan siswa dalam menguasai konsep yang ditunjukkan de¬ngan nilai hasil belajar tetapi juga dilihat dari respon siswa terhadap pem¬bel¬ajaran yang telah diikuti.

Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa Pengertian Efektivitas Pembelajaran adalah ukuran keberhasilan dari suatu proses interaksi antar siswa maupun an¬tara siswa dengan guru dalam situasi edukatif untuk mencapai tu¬juan pem¬belajaran. Efektivitas pembelajaran dapat dilihat dari aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, respon siswa terhadap pembel¬ajaran dan penguasaan konsep sis¬wa.

Referensi: Gie, The Liang. 1985. Cara Belajar Yang Efisien. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

About MTsN Slawi
Sekolah unggul bidang ilmu dan agama

2 Responses to Pengertian Efektivitas Pembelajaran

  1. abdulcholiq says:

    Kiriman yang bagus terimakasih jazaakumulloh khoiron katsiiro

  2. Nurniyanti says:

    boleh minta daftar pustaka nya dari kakak ? soalnya saya lg skripsi sekarang . mohon bantuan nya . bisa dikirim di email saya di nurniyanti@gmail.com . terimakasih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: