Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas

Ruang kelas adalah kondisi fisik kelas yang akan digunakan oleh guru bersama dengan siswanya dalam aktifitas pembelajaran. Ruang kelas yang baik dan representatif adalah ruang kelas yang memungkinkan terjadinya interaksi yang dinamis antara guru dan siswa serta antara siswa sendiri dalam proses pembelajaran. Sebaik apapun setting kelas, jika guru tidak mampu mengelola kelas dalam proses pembelajaran, maka akan dipastikan proses pembelajaran tidak akan tercapai sesuai dengan tujuan.

Hal ini berakibat pada hasil belajar yang tidak optimal. Berikut disajikan posting tentang peran guru dalam pengelolaan kelas.

Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas

  1. Peranan guru dalam pengelolaan kelas adalah (1) memelihara lingkungan fisik kelas (2) mengarahkan/membimbing proses intelektual dan sosial siswa di dalam kelas dan (3) mampu memimpin kegiatan pembelajaran yang efisien dan efektif. Sedangkan tugas-tugas guru dalam mengelola kelas adalah (1) sebagai manajer (2) sebagai pendidik dan (3) sebagai pengajar.
  2. Dalam mengelola kelas sering ditemui kendala-kendala yang dapat menghambat terjadinya proses pembelajaran yang efisiendan efektif. Kendala ini bisa datang dari guru, bisa juga dari siswa dan bisa juga dari faktor lingkungan.
  3. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang kondusif selain menerapkan prinsip-prinsip pengelola juga kiat-kiat untuk mengatasi kendala tersebut yaitu: (1) guru tidak boleh campur tangan yang berlebihan terhadap siswa, 2) guru jangan sampai kehilangan konsentrasi yang dapat menimbulkan kesenyapan atau pembicaraan terhenti dengan tiba-tiba, (3) hindari ketidak tepatan menandai dan mengakhiri suatu kegiatan artinya guru harus tepat waktu, (4) guru harus dapat mengelola waktu, baru hal ini dapat menimbulkan penyimpangan yang berkaitan dengan disiplin diri siswa dan (5) berilah penjelasan yang jelas, sederhana, sistematis dan tidak bertele-tele atau mengulang-ulang penjelasan karena dapat menimbulkan kebosanan.

Hakikat Penataan Kelas

  1. Pengaturan dan penataan kelas mencakup: (1) pengaturan siswa, (2) lingkungan fisik dan (3) penggunaan ruangan, serta (4) pemanfaatan sumber belajar yang berasal dari lingkungan karena itus setiap guru dituntut untuk tampil dan kreatif serta peka terhadap suasana kelasnya.
  2. Penataan lingkungan fisik yang efektif sangat mempengaruhi basis belajar siswa, dan pencapaian tujuan pembelajaran keefektifan lingkungan kelas dipengaruhi oleh ketersediaan fasilitas minimal dalam pengelolaan kelas seperti (1) jumlah siswa dan (2) besarnya ruang kelas.

Ruang Kelas

1. Ruang kelas adalah kondisi fisik kelas yang akan digunakan oleh guru bersama dengan siswanya dalam aktifitas pembelajaran.

2. Ciri-ciri produktif

a. Memungkinkan terjadinya interaksi yang dinamis antara guru dan siswa serta antara siswa sendiri.

b. Tugas-tugas siswa dapat diselesaikan tepat pada waktunya

c. Sportifitas, kreatifitas dan antusias siswa yang tinggi dapat terjaga dengan baik.

d. Memungkinkan terjadinya kerjasama yang solid antara siswa maupun dengan gurunya.

e. Kesadaran yang tinggi untuk berdisiplin

f. Dapat meminimalisasi masalah atau hambatan dalam pengelolaan kelas.

g. Dapat mencapai hasil yang optimal.

3. Ruang kelas secara tidak langsung mempengaruhi tumbuh kembangnya siswa baik fisik maupun mental, intelektual, emosional dan sosialnya. Karena itu guru harus memperhatikan bagaimana menata fasilitas dan perabot kelas sehingga akan dapat aman, nyaman dan kreatif selama proses pembelajaran berlangsung. Sumber Buku Kemampuan Dasar Mengajar Karya Edi Soegito dan Yuliani Nurani.(massofa.wordpress.com)

About MTsN Slawi
Sekolah unggul bidang ilmu dan agama

3 Responses to Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas

  1. Om Gendut says:

    Gamab setting kelas ideal bgaimana?

  2. abdulcholiq says:

    Salut untuk MTs Sawi semoga maju terus n sukses … syukron artikelnya semoga bermanfaat bagi kita para pendidik

  3. Bekti says:

    Maju teruuuuuussssssssssssssssssssss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: